Cara Dan Pentingnya Tugas Orang Bau Tanah / Keluarga Dalam Membentuk Abjad Dan Mutu Anak Bangsa
Sahabat Edukasi yang berbahagia... Buah jatuh tak jauh dari pohonnnya, tampaknya peribahasa ini tidak absurd lagi bagi kita selaku orang renta yang dalam upaya membina dan mendidik anak-anaknya menjadi anak yang baik atau lebih tepatnya menjadi belum dewasa yang soleh soleha. Penanaman karakter semenjak dini hendaknya dimulai dari lingkungan keluarga. Baik buruknya anak tergantung dari bagaimana para orang renta memperlakukan anak-anaknya.
Menurut pandangan Islam ada beberapa tahapan yang harus diperhatikan oleh para calon orang renta yang mendambakan belum dewasa soleh soleha. Rasulullah SAW bersabda yang artinya sebagai berikut: “Seseorang perempuan itu dinikahi lantaran empat perkara: lantaran hartanya, lantaran kedudukannya, lantaran kecantikannya dan lantaran agamanya. Pilihlah perempuan yang beragama, maka engkau akan beruntung – Hadis riwayat al-Bukhari. Makara dengan kata lain hal pertama yang harus dilakukan oleh para calon orang renta yaitu memilihkan calon ibu atau calon bapak yang baik dan taqwa untuk calon anaknya kelak.
Kedua, hendaklah membaca doa sebelum melaksanakan kekerabatan tubuh supaya terhindar daripada gangguan syaitan. Rasulullah SAW telah mengajar kepada kita menyerupai dalam satu hadis Beliau bersabda: “Sekiranya seseorang di antara kau ketika hendak mendatangi isterinya, maka hendaklah ia membaca: “Bismillah, Allahumma jannibnas Syaitana wajannibis syaitana ma razaktana.” Maksudnya: Dengan nama Allah. Ya Allah, jauhkanlah syaitan daripada kami dan jauhkanlah syaitan daripada apa yang Engkau rezekikan kepada kami. Jika Allah takdirkan (dengan kekerabatan tersebut lahir) seorang anak, maka syaitan dihentikan memudaratkannya.” – Riwayat al-Bukhari.
Ketiga, hendaklah mengambil berat bayi yang berada dalam kandungan ibunya. Perhatian itu sama ada kesehatan bayi yang dikandungnya, maupun sifat-sifat yang akan diturunkan daripada ibu kepada anaknya.
Keempat, seorang ibu hendaklah sadar terhadap apa yang dikerjakan supaya tidak melaksanakan kasus buruk yang akan besar lengan berkuasa kepada bayinya nanti.
Kelima, hendaklah mendapatkan dengan senang hati bayi yang dilahirkannya sama ada perempuan atau lelaki. Kerana ada di kalangan pasangan yang tidak suka kalau lahir anak perempuan. Sikap ini yaitu sifat jahiliah yang perlu dijauhi. Orang Quraisy pada zaman jahiliah apabila lahirnya anak perempuan, maka mereka membunuhnya. Begitu juga kadang kala Allah SWT menguji ibu dan ayah dengan anak yang kurang tepat menyerupai buta, bisu, pekak. Sekiranya ibu bapa itu mendapatkan dengan berlapang dada, maka ia tetap berasa senang. Namun, sekiranya ibu bapa tidak senang menerimanya, ia boleh membawa kepada penceraian atau pembunuhan pada anak tersebut.
Keenam, memberi nama anak yang baik. Sesungguhnya anak berhak untuk diberi nama yang baik dan bagus didengar. Nama itulah yang akan mewakili dirinya untuk kehidupannya kelak. Oleh itu, janganlah tersalah memberi nama. Janganlah diberi nama yang ada unsur menyamai dengan agama lain atau mahir maksiat dan orang yang populer kejahatannya. Berilah nama yang dianjurkan menyerupai nama yang memperlihatkan perhambaan kepada Allah, nama Nabi dan orang yang salih.
Ketujuh, memperlihatkan anak itu rasa aman dan tentram dari hal yang angker dan kasus yang merusak akidahnya. Jangan suka menakut-nakuti dengan menyampaikan kepadanya ada hantu kerana bisa jadi hal ini sanggup merusak mental dan agamanya.
Kedelapan, memberi pendidikan agama yang cukup. Kesembilan, menjaga kesucian anak itu dengan menikahkannya sekiranya rasa perlu dan bisa untuknya.
Banyak orang renta sangat mementingkan tingginya IQ belum dewasa mereka, sehingga dengan segala cara mereka berusaha merangsang pertumbuhannya pada anak mereka. Pihak sekolah juga mempunyai standard IQ yang mengharuskan belum dewasa tingkat dasar mempunyai tingkat IQ tertentu untuk bisa diterima di sekolah. Sebaliknya soal spiritual dan juga karakter sering diabaikan dan dipandang sebelah mata. Karakter hanya dianggap sebagai perhiasan semata, bukan prioritas dalam kurikulum yang ada. Padahal karakter sangat penting dalam pembangunan pribadi anak yang tangguh, Akan menjadi sangat disayangkan apabila ada anak yang mempunyai IQ yang tinggi tapi mempunyai karakter yang tercela.
Hasil pencaharian dari internet mengenai ”Dampak Pendidikan Karakter Terhadap Keberhasilan Akademik Anak Dr. Martin Luther King berkata: “Intelligence plus character…that is the goal of true education” (Kecerdasan plus karakter….itu yaitu tujuan tamat dari pendidikan sebenarnya).artinya dengan karakter yang baik seorang niscaya akan memperoleh hasil dan mutu yang baik pula.
Daniel Goleman menyebutkan ternyata 80 persen keberhasilan dipengaruhi oleh kecerdasan emosi (karakter), dan hanya 20 persen ditentukan oleh otak (IQ). Sementara kita tau bahwa didunia pendidikan lebih banyak mengasah kecerdasan otak dengan metode hapalan dan pemahaman terhadap materi yang diajarkan dibanding karakter atau kecerdikan pekerti yang baik. Sehingga tolok ukur yang paling utama membuat mutu pendidikan menjadi berkualitas rendah.
Dalam sebuah goresan pena perihal ”Pendidikan Berkarakter Sebuh Solusi Meningkatkan Mutu pendidikan” menyatakan ketidakpahaman semenjak dini perihal pendidikan karakterlah pokok utama permasalahan, mengapa mutu pendidikan semakin pudar dan kualitas seperti menurun.Pernyataan yang menyebutkan pandangan beberapa kelompok mengenai pendidikan. Sebagian kelompok beropini bahwa pendidikan kita dikala ini terlalu menekankan sisi keduniawian. Sehingga banyak menghasilkan manusia-manusia yang egois, tidak memegang nilai-nilai agama, tidak menghargai perbedaan, bermental korup dan lain sebagainya. Kelompok lain beropini bahwa dikala ini pendidikan kita terlalu menekankan sisi kemampuan otak kiri. Akibatnya, banyak manusia-manusia berprestasi secara akademik, dengan gelar yang membuat orang berdecak kagum serta jabatan yang kalau kita mengutip sedikit kata-kata Vicky sanggup meningkatkan taraf hidup kemakmuran, malah menggunakannya sebagai jembatan untuk melaksanakan hal-hal untuk memperkaya diri sendiri dan menyengsarahkan orang banyak bahkan negara.
Oleh lantaran itu mendidik anak semenjak usia dini sangatlah penting untuk masa depan anak dalam membangun pribadi dengan kecerdikan pekerti yang luhur, cerdas dan mempunyai watak yang soleh/soleha.Cara mendidik anak usia dini atau balita yang salah akan menjerumuskan kedua orang tuanya baik di dunia dan akhirat.
Karena dunia daerah kita hidup dikala ini penuh dengan tantangan yang kompleks, dunia sudah berubah, semakin kejam, angker dan rusak. Gaya hidup yang dipertontonkan dunia masa sekarang dipenuhi oleh kekacauan moral, di mana keluarga tradisional sudah menjadi barang langka. Yang marak dan dipertontonkan di masyarakat yaitu keluarga yang hancur, ayah dan ibu saling menyakiti sehingga anak jadi korban. Situasi dan kondisi menyerupai ini tidak sanggup diatasi hanya dengan rasio atau logika semata, dibutuhkan modal yang berbeda. Dibutuhkan hikmat dan disiplin yang luar biasa untuk membangun belum dewasa yang kuat menghadapi ranjau perubahan, arus informasi yang sangat deras, obat-obatan terlarang, dan pergaulan seks bebas. Dibutuhkan karakter yang kuat untuk bertahan dalam kehidupan yang keras, supaya bisa mengatasi segala problem yang dihadapi di masa depan.
Fakta ini akan menjadi sangat memprihatiankan apabila kita selaku orang renta bersifat masa terbelakang dengan pertumbuhan karakter buah hati kita. Dan yang niscaya peningkatan mutu bagi belum dewasa bangsa hingga kapanpun tidak akan pernah terwujud. Berdasarkan penguraian diatas maka penulis mangangkat sebuah goresan pena yang berjudul ”Karakter Untuk Buah Hati Peningkatan Mutu bagi Anak Bangsa” Di sini penulis mengamanatkan membangunan karakter anak sangat ditentukan olehpola asuh semenjak dini dalam keluarga. Karena itu perlu dibangun keluarga yang kokoh untuk sanggup melahirkan generasi-generasi penerus yang berkualitas ,berkarakter kuat yang bermanfaat besar dalam masyarakat. Yang harus berperan bukan hanya ibu, tetapi juga ayah. Bahkan keterlibatan ayah dalam pengasuhan dimasa kecil hingga usia remaja sangat menentukan pembentukan karakter anak. Keluarga yang harmonis, dimana ayah dan ibu saling berinteraksi dengan kasih sayang akan memperlihatkan suatu lingkungan yang aman bagi pembentukan karakter anak. Menurut Erikson, kesuksesan orang renta membimbing anaknya dalam mengatasi konflik kepribadian di usia dini sangat menentukan kesuksesan anak dalam kehidupan sosial di masa dewasanya kelak.
Hakikat Karakter
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Karakter mempunyai arti: 1). Sifat-sifat kejiwaan, watak atau kecerdikan pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain. 2).Karakter juga bisa bermakna "huruf".
Menurut (Ditjen Mandikdasmen - Kementerian Pendidikan Nasional), Karakter yaitu cara berpikir dan berperilaku yang menjadi ciri khas tiap individu untuk hidup dan bekerjasama, baik dalam lingkup keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. Individu yang berkarakter baik adalah individu yang bisa membuat keputusan dan siap mempertanggungjawabkan tiap akhir dari keputusan yang ia buat.
W.B. Saunders, (1977: 126) menjelaskan bahwa karakter yaitu sifat aktual dan berbeda yang ditunjukkan oleh individu, sejumlah atribut yang sanggup diamati pada individu. Gulo W, (1982: 29) menjabarkan bahwa karakter yaitu kepribadian ditinjau dari titik tolak etis atau moral, misalnya kejujuran seseorang, biasanya mempunyai kaitan dengan sifat-sifat yang relatif tetap. Kamisa, (1997: 281) mengungkapkan bahwa karakter yaitu sifat-sifat kejiwaan, watak atau kecerdikan pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain, tabiat, watak. Berkarakter artinya mempunyai watak, mempunyai kepribadian.
Wyne mengungkapkan bahwa kata karakter berasal dari bahasa Yunani “karasso” yang berarti “to mark” yaitu menandai atau mengukir, yang memfokuskan bagaimana mengaplikasikan nilai kebaikan dalam bentuk tindakan atau tingkah laku. Oleh lantaran itu seseorang yang berperilaku tidak jujur, kejam atau rakus dikatakan sebagai orang yang berkarakter jelek, sementara orang yang berprilaku jujur, suka menolong dikatakan sebagai orang yang berkarakter mulia. Makara istilah karakter erat kaitannya dengan personality (kepribadian) seseorang.
Alwisol menjelaskan pengertian karakter sebagai penggambaran tingkah laris dengan menonjolkan nilai (benar-salah, baik-buruk) baik secara eksplisit maupun implisit. Karakter berbeda dengan kepribadian kerena pengertian kepribadian dibebaskan dari nilai. Meskipun demikian, baik kepribadian (personality) maupun karakter berwujud tingkah laris yang ditujukan kelingkungan sosial, keduanya relatif permanen serta menuntun, mengerahkan dan mengorganisasikan aktifitas individu.
Adapun karakter bangsa Indonesia yang dimiliki warga negara Indonesia dan berupaya diterapkan di sekolah-sekolah antara lain.
1. Relijius
Kehidupan individu, masyarakat, dan bangsa selalu didasari pada pedoman agama dan kepercayaannya. Atas dasar pertimbangan itu, maka nilai relijius merupakan pendidikan karakter bangsa yang utama. Melihat nilai relijius yang semakin memudar dalam perkembanggan zaman, maka harus diterapkan semenjak dini dalam proses pendidikan baik formal ataupun tidak. Berdo’a sebelum dan setelah belajar, berbuat baik kepada sesama, mengormati dan patuh kepada kedua orang renta dan sebagainya merupakan bentuk aplikatifnya. Jika sudah menyatu dan menjadi suatu kebutuhan maka akan melahirkan generasi bangsa yang berkualitas, sehingga mutu pendidikan sanggup ditingkatkan.
2. Jujur
Karakter bangsa yang sekarang menjadi sorotan pada banyak sekali aspek kehidupan yaitu kejujuran. Sekarang, nilai kejujuran diumpamakan sebagai barang berharga yang sangat mahal. Lemahnya nilai kejujuran di sekolah, seperti, budaya menyontek, berbohong kepada guru akan berdampak terhadap proses pendidikan dan hasil yang akan diperoleh. Nilai kejujuran sanggup dikembangkan melalui kantin kejujuran, sehingga materi atau pokok bahasan dalam mata pelajaran sanggup eksklusif dipraktekkan. Kantin kejujuran merupakan salah satu seni administrasi yang tepat supaya siswa berguru dan berlatih mengimplementasikan nilai-nilai antikorupsi dan sebagai wadah bagi pendidikan kader calon pemimpin bangsa yang berwatak antikorupsi6.
3. Toleransi
Toleransi yaitu sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap orang lain yang berbeda dari dirinya. Berbagai kerusuhan (tawuran) dan kekerasan (perusakan sarana umum) diminimalisasikan dengan saling bertoleransi. Rasa toleransi harus selalu tertanam dan dipahami supaya generasi muda terlepas dari permasalahan. Tidak mungkin ada toleransi kalau kelakuan moral tidak diperkenalkan secara baik melalui pendidikan karakter. Permasalahan timbul lantaran adanya perbedaan, lantaran itulah kita membutuhkan toleransi dalam proses pendidikan supaya tercipta suasana yang aman dan damai. Seperti menghargai guru, menghargai pendapat teman, saling membantu menuju kesuksesan.
4. Disiplin
Kedisiplinan membuat pelajar senantiasa memakai waktu dengan sebaiknya, dalam arti tidak menghabiskan waktu dengan hal-hal yang tidak bermanfaat atau sia-sia. Dalam lingkup nilai disiplin, Indonesia masih jauh tertinggal dari bangsa lain yang sukses menerapkan nilai kedisiplinan. Kenyataan dilapangan, kebiasaan menyerupai terlambat masuk kelas/ menghadiri rapat, sering tidak hadir, (baik pengajar atau akseptor didik), mengakhiri pelajaran sebelum waktunya masih sangat gampang ditemukan. Apabila dunia pendidikan gagal menanamkan sikap disiplin terhadap akseptor didik, berarti para guru dan dosen siap mengantarkan bangsa di negeri ini kelapisan bawah dari bangsa-bangsa dunia yang telah maju peradabannya.
5. Kerja Keras
Keberhasilan diperoleh melalui usaha. Kerja keras yang dilakukan mencakup rajin belajar, membuat kiprah dengan sungguh-sungguh, dan bekerja sama dalam mencapai tujuan. Suksesnya penerapan kerja keras dalam melaksanakan hak dan kewajiban, akan melahirkan akseptor didik yang mau berusaha, tanpa mengenal putus asa. Hal ini membuat siswa mau bekerja keras dalam mencapai tujuan tamat pendidikannya.
6. Kreatif
Alternatif lain yang dipakai untuk mengatasi permasalahan yaitu dengan pemikiran yang kreatif. Siswa yang kreatif sangat diidamkan, lantaran bisa menghasilkan karya-karya yang gres menyerupai karya sastra, karya seni, tidak terbebani terhadap satu solusi serta jauh dari jiwa imitasi. Kreatifitas sanggup menyeimbangkan otok kiri dengan otak kanan. Sehingga hasil karya anak bangsa menyerupai penciptaan robot sebagai tekhnologi sanggup mengangkat pendidikan Indonesia dimata dunia.
7. Mandiri
Siswa sanggup berdiri diatas kaki sendiri akan terlepas dari ketergantungan terhadap pinjaman yang diberikan oleh orang lain. Kemandirian sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran, menyerupai mengerjakan kiprah sendiri, dan melengkapi materi pembelajaran. Kemandirian melatih siswa untuk terbiasa memakai kemampuan yang dimilikinya. Jadi, generasi muda harus sanggup berdiri diatas kaki sendiri dalam mengerjakan kewajiban yang telah diberikan.
8. Demokrasi
Dalam undang-undang sistem pendidikan nasional nomor 20 tahun 2003 cuilan III pasal 4 ayat 1 dijelaskan bahwa pendidikan diselenggarakan secara demokratis dan berkeadilan serta tidak diskriminatif dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia. Pendidikan yang demokratis akan menghasilkan lulusan yang bisa berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat dan bisa menghipnotis pengambilan keputusan kebijakan publik. Demokrasi sanggup berupa saling bertukar pendapat dalam lembaga diskusi, mengajukan pemikiran dalam musyawarah, menentukan pemimpin kelas/ sekolah dan sebagainya.
9. Rasa Ingin Tahu
Minat dalam proses berguru yaitu rasa ingin tahu terhadap materi yang disampaikan. Jika rasa ingin tahu selalu menjadi hal yang selalu dibiasakan, maka mendapatkan materi akan gampang dirasakan. Rasa ingin tahu membuat siswa selalu menggali ilmu, mencari informasi, melaksanakan suatu hal yang baru.
10. Semangat Kebangsaan
Patriotisme menjadi modal awal dalam keinginan memajukan bangsa negara Indonesia. Dengan semangat kebangsaan, rasa saling berafiliasi akan tetap terasa dalam mengisi hari kemerdekaan. Siswa yang patriotisme akan hikmat mengikuti upacara dan aktif dalam banyak sekali kegiatan kebangsaan menyerupai PMI.
11. Cinta Tanah Air
Dari nilai cinta tanah air, kepedulian terhadap bangsa dan Negara Indonesia yang sangat menonjol dalam kepribadian. Dalam segi aplikatif cinta tanah air sanggup diwujudkan dengan kesetiaan, kepedulian terhadap bahasa dan lingkungan, membeli produk anak bangsa dan dalam banyak sekali aspeknya.
12. Menghargai Prestasi
Prestasi yang diperoleh harus dihargai sebagai buah usaha yang telah dipetik. Dengan banyak sekali sarana yaitu membuatkan ilmu terhadap sesama, dan selalu menggali potensi diri.
13. Bersahabat dan Komunikasi
Dalam aspek pendidikan keberhasilan sesalu diraih dengan saling bekerja sama lantaran perasaan senang telah tercipta dan komunikasi yang berjalan dengan baik ( membentuk kelompok diskusi) akan meningkatkan proses berguru menjadi lebih efisien.
14. Cinta Damai
Kemampuan membuat suasana yang dekat dan bernuansa damai, sehingga keadaan yang aman dalam proses pembelajaran sanggup diwujudkan. Permasalan diselesaikan dengan cara tenang dan adil. Sikap mendapatkan kekukurangan dan menghargai kelebihan dengan terbuka dan saling pengertian.
15. Gemar Membaca
Dengan gemar membaca, pelajar sanggup membuka cakrawala yang luas. Pepatah menyampaikan “Membaca Buku Berarti Membuka Jendela Dunia”. Informasi yang diperoleh menimbulkan akseptor didik mempunyai potensi awal yang sangat baik, sehingga sanggup mengaitkan banyak sekali ilmu yang dikuasai.
16. Peduli Lingkungan
Upaya yang dilakukan sebagai bentuk pencegahan terhadap kerusakan lingkungan. Implementasinya disekolah menyerupai membuang sampah pada tempatnya, dan menjaga kebersihan, kenyamanan lingkungan sekolah. Keadaan lingkungan sangat menghipnotis proses pembelajaran, menyerupai lingkungan berguru yang higienis akan membuat suasana senang sehingga pikiran lebih terbuka untuk mendapatkan materi.
17. Peduli Sosial
Sikap dan tindakan yang berjiwa sosial dengan saling membantu untuk mewujudkan kerukunan dan lingkungan yang tenang serta sejahtera dalam dunia pendidikan. Apabila ada kemalangan dari warga sekolah diwujudkan dengan rasa empati, mengumpulkan dana bantuan.
18. Bertanggung Jawab
Bertanggung jawab berarti berani mengambil resiko terhadap tindakan yang telah diperbuat. Peserta didik sangat dituntut untuk bertanggung jawab terhadap apa yang telah dilakukannya, baik terhadap diri sendiri, lingkungan masyarakat dan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Hakikat Mutu
Menurut Crosby (dalam Hadis dan Nurhayati, 2010:85) mutu ialah conformance to requirement, yaitu sesuai yang diisyaratkan atau distandarkan. Suatu produk mempunyai mutu apabila sesuai dengan standar yang telah ditentukan, standar mutu tersebut mencakup materi baku, proses produksi, dan produk jadi (Crosby, dalam Hadis dan Nurhayati, 2010:85). Menurut Deming (dalam Hadis dan Nurhayati, 2010:85) mutu ialah kesesuain dengan kebutuhan pasar atau konsumen. Mutu ialah suatu kondisi dinamik yang berafiliasi dengan produk, tenaga kerja, proses dan kiprah serta lingkungan yang memenuhi atau melebihi impian pelanggan. Dengan perubahan mutu tersebut, diharapkan peningkatan atau perubahan keterampilan tenaga kerja, proses produksi dan tugas, serta perubahan lingkungan perusahaan supaya produk sanggup memenuhi dan melebihi impian konsumen (Garvi dan Davis, dalam Hadis dan Nurhayati, 2010:86).
Dalam pandangan Zamroni ( 2007:2 ) dikatakan bahwa peningkatan mutu sekolah yaitu suatu proses yang sistematis yang terus menerus meningkatkan kualitas proses berguru mengajar dan faktor-faktor yang berkaitan dengan itu, dengan tujuan supaya menjadi sasaran sekolah sanggup dicapai dengan lebih efektif dan efisien. Jelaslah bahwa untuk menyiapkan masa depan yang gemilang bagi anak, setiap orang renta punya andil besar untuk mempersiapkannya bahkan semenjak anak masih dalam kandungan. Bukan hanya akomodasi yang lengkap, tapi kasih sayang dan penanaman nilai-nilai karakter yang baik Insyaallah akan membuat generasi-generasi yang tidak hanya cerdas tapi juga mempunyai kwalitas diri yang membanggakan oleh negeri ini.
Pengirim : SRY DEWIYANA KOLLY (Guru Sekolah Menengah kejuruan Muhammadiyah Bitung Kecamatan Girian Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara).
Daftar Pustaka :
1. Cara mendidik anak usia dini balita supaya cerdaspintar dan soleh http://www.Islamituindah.my/8-tips-lahirkan-anak-soleh
2. Dampak Pendidikan Karakter Terhadap Keberhasilan Akademi Anak http://.www.pondokibu.com
3. Pendidikan berkarakter meningkatkan mutu pendidikan https://banksoalansain.blogspot.com//search?q=10/pendidikan-berkarakter-sebuah-solusi-meningkatkan-mutu-pendidikan/
4. Pengertian karakter http://pustaka.pandani.web.id/2013/03/pengertian-karakter
5. Pengertian Mutu http://dwicitranurhariyanti.wordpress.com/landasan-dan-problematika-dalam-pendidikan/peningkatan-mutu-pendidikan/